KPU, Gugus Tugas dan Dinkes Gowa Jalin Kerjasama Ciptakan Pilkada Aman Covid-19

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan penandatanganan kerjasama atau MoU dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Gowa dan juga Dinas Kesehatan setempat.

Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muhtar Muis mengatakan kerjasama ini dilakukan untuk memastikan pelakasanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Gowa berjalan dengan baik dan sesuai dengan penerapan protokol kesehatan.


Salah satu yang tertuang dalam perjanjian kerjasama tersebut kata Muhtar Muis yaitu pelakasanaan Rapid Test untuk seluruh petugas KPU Kabupaten Gowa. Seperti KPU dan jajarannya, Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) termasuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Ini sebagai garansi dan jaminan kami kepada masyarakat kita bahwa penyelenggara kami yang bekerja di lapangan yang khusus yang bersentuhan dengan masyarakat itu insya Allah sudah bebas dan tidak ada masalah,” kata Muhtar Muis.

Lanjut, saat ini sebagai besar petugas KPU Kabupaten Gowa sudah menjalani Rapid Test. Hanya ada beberapa yang belum mengikuti Rapid Test dengan alasan sakit. Namun ia memastikan bahwa seluruh penyelenggaraan akan dilakukan rapid test sesuai dengan uang tertuang PKPU.

Sementara untuk tahapan Pilkada saat ini Proses yang berjalan yaitu pemutahiran data pemilih atau Coklit dan akan berlangsung hingga 13 Agustus mendatang.

“Sebenarnya proses Coklit itu berjalan tanggal 15 kemarin tapi gerakan Serentak akan mulai di launching besok-besok tanggal 18 akan ada gerakan Coklit serentak dan ini seluruh masyarakat. Untuk pendaftaran calon sendiri itu akan mulai tanggal 4 sampai tanggal 6 September,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa berharap semua tahapan Pilkada Kabupaten Gowa bisa berjalan dengan baik dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Muchlis menilai langkah KPU Kabupaten Gowa sejauh ini sudah melakukan persiapan dengan baik untuk mencegah penularan Covid-19.

Olehnya itu dirinya menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Gowa bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Gowa siap mendukung KPU selama tahapan Pilkada 2020.

“Kita harapkan teman-teman gugus tugas ini melalui jejaring yang ada di Puskesmas di setiap Kecamatan itu bisa melakukan edukasi lagi melakukan informasi yang positif kepada seluruh teman-teman yang ada di sekretariat PPK dan PPS untuk bisa segera ikut Rapid Test,” harapnya.

Turut hadir dalam penandatanganan kerjasama ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin, Kepala Inspektorat, Kamsinah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa dan Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Gowa, Ahmad.(an)

Comment