Tips Dokter Wachyudi Muchsin Agar Puasa Tetap Sehat di Tengah Pandemik Covid-19

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Saat melaksanakan ibadah puasa, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka.

Apa saja hal yang penting tersebut, dr Wachyudi Muchsin SH MKes membeberkan pemilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika buka puasa.


“Dalam berbuka puasa, mesti mengonsumsi makanan dengan penghasil energi yang baik terlebih dahulu. Misalnya saja, kurma dan buah-buahan segar lainnya,” kata Wachyudi.

“Setelah itu, kamu boleh mengonsumsi makanan utama, seperti nasi, lauk pauk dan sayuran untuk mengisi energi dalam tubuh,” sambungnya.

Tak hanya itu, Wachyudi menjelaskan pentingnya air putih saat buka puasa. “Hindari konsumsi teh, kopi dam minuman yang bersoda. Sebab, dapat mengakibatkan efek duretik dan cepat haus,” jelasnya, (15/4/2021).

“Minumlah air putih minimal 8 gelas saat berbuka puasa dan sebelum tidur,” ucap Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar itu.

Lanjut Dokter Koboi panggilan akrab Yudi, menjaga kondisi tubuh ketika berpuasa teramat penting. Pemilihan makanan dan minuman yang baik, justru akan membuat badan tetap sehat dalam menjalankan aktifitas di bulan puasa.

Apalagi di tengah pandemik Covid-19 harus tetap sehat hindari dulu minuman es berlebihan untuk tidak batuk atau demam sebab gejala mirip Covid-19.

“Prinsipnya makanan dan minuman yang tepat saat puasa tidak membuat kita dehidrasi dan kelaparan serta tidak menggangu pencernaan kita,” terang Dokter Yudi yang juga Kabag Hunas dan Kerjasama UIM ini. (*)

Comment