UIM Sambut 30 Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka

UIM Sambut 30 Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM — Keluarga besar civitas akademika Universitas Islam Makassar (UIM) menyambut kedatangan mahasiswa inbound dari berbagai provinsi di Indonesia.

Penyambutan tersebut diselenggarakan di Auditorium KH Muhyiddin Zain UIM Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Jumat (26/11/2021).


30 mahasiswa inbound dari berbagai perguruan tinggi di Jawa dan Sumatera peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) yang memilih menjadi mahasiswa kuliah di UIM.

Penyambutan tersebut dilakukan langsung Rektor UIM Dr Ir A Majdah M Zain MSi beserta jajaran Wakil Rektor, pimpinan UIM dan pengurus lembaga mahasiswa.

Majdah mengucapkan selamat datang dan berharap mahasiswa inbound yang terpilih untuk mengikuti perkuliahan di UIM menjadi energi positif dan motivasi bagi mahasiswa UIM untuk semakin berprestasi.

“Ahlan wa sahlan di kampus UIM Kampus Qurani Kampus Aswaja. Ada banyak keunggulan dan keunikan tersendiri yang bisa dinikmati dan dipelajari terutama nilai ahlu sunah wal jamaah annahdiyah yang diletakkan dan diwariskan para ulama pendiri UIM,” urainya.

Ketua pic MBKM UIM Badruddin Kaddas MAg PhD dalam laporannya menguraikan mahasiswa inbound pertukaran mahasiswa yang memilih UIM berjumlah 44 orang, yang mendapat izin dari orangtua hanya 30 orang.

“Oleh sebab itu hanya 30 orang yang hadir untuk mengikuti perkuliahan secara luring dan sisanya tetap mengikuti perkuliahan secara daring. Selain inbound, ada pula outbound yang belajar daring yang memilih UIM kurang lebih 300 orang yang tersebar di beberapa program studi di UIM,” urainya.

Menurut wakil rektor I Prof Dr Arfin Hamid SH MH menambahkan mahasiswa UIM yang lolos sebagai peserta pertukaran mahasiswa merdeka sebanyak 48 orang yang sebagian di antaranya telah berangkat untuk mahasiswa inbound di beberapa perguruan tinggi di luar Sulawesi.

Selain penyambutan mahasiswa inbound pertukaran mahasiswa merdeka dalam acara ini pula di rangkaikan dengan penyerahan insentif berupa bantuan UKT kepada mahasiswa kampus mengajar 1 yang telah melaksanakan tugas yang terdiri atas 17 orang mahasiswa dari 20 orang yang lolos.

“Di UIM juga berlangsung kampus mengajar 2 program MBKM dimana sebanyak 45 orang mahasiswa UIM yang lolos dan 28 orang dosen yang lolos sebagai DPL yang semuanya sementara bertugas,” rinci Arfin Hamid .■

Comment