Wabup Suaib Mansur Bahas Penanganan Genangan Kawasan di Pasar Utara-Sa’pek

Wabup Suaib Mansur Bahas Penanganan Genangan Kawasan di Pasar Utara-Sa’pek

LUWU UTARA, BERITA-SULSEL.COM – Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Genangan Air yang acap kali terjadi di kawasan Pasar Utara-Sa’pek, Masamba. Rakor dilangsungkan di Ruang Rapat Wakil Bupati, Selasa (14/5/2024).

Hadir dalam rakor ini, Kepala Dinas PUTRPKP2 Muharwan, perwakilan BBWSPJ, para Perangkat Daerah terkait, serta perwakilan warga di kawasan Pasar Utara -Sa’pek. Rakor membahas tentang langkah-langkah antisipasi penanganan genangan di kawasan tersebut.


“Untuk mengantisipasi terjadinya genangan air di kawasan Pasar Utara dan Sa’pek, saya sangat berharap dan meminta kepada para Perangkat Daerah terkait untuk segera membuat langkah-langkah antisipasi dan pencegahan,” kata Wakil Bupati Suaib Mansur.

Hal ini, kata dia, sangat urgen dilakukan dan segera ditindaklanjuti. Mengingat intensitas curah hujan saat ini yang terus meningkat berdasarkan prediksi BMKG. Ia berharap perangkat daerah terkait untuk segera melakukan beberapa tindakan pencegahan.

“Curah hujan tinggi dan merata ini diperkirakan akan berlangsung beberapa bulan ke depan. Untuk itu, saya minta perangkat daerah terkait agar tetap siaga akan hal ini, terutama dalam melakukan tindakan pencegahan,” harap Suaib dalam arahannya.

Ia menyebutkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya genangan akibat hujan deras yang terjadi hampir setiap hari dalam kurun waktu berjam-jam. Kata dia, curah hujan cukup tinggi ini berpotensi menciptakan genangan tiap hari.

“Kita bisa melakukan langkah-langkah penanganan, mulai dari membuat saluran bawah, serta menjaga kebersihan drainase agar tidak ada sumbatan. Kita juga dapat membenahi plat duiker agar saluran air tetap lancar,” jelas mantan Kepala Dinas PUPR ini.

Secara spesifik, Suaib memerintahkan Kadis PUTRPKP2 untuk segera membuat Detail Engineering Design (DED) saluran permanen. “Ini untuk penanganan jangka panjang, tentu di bawah koordinasi Balai Besar Wilayah Sungai Ponpengan Jeneberang,” pungkasnya.


Comment