Koni Apresiasi Pelantikan Serentak Pengurus Esport Sulsel Secara Virtual

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Pengurus Olah Raga Elektronik Sport Indonesia melaksanakan E-Pelantikan secara virtual live melalu layar televisi, serentak diseluruh Indonesia. Ini pertama kalinya dalam sejarah pelantikan organisasi olah raga nasional.

Pengurus Esports Provinsi Sulsel yang dilantik yakni, Ketua Harian PB E-Sport, Irjen Pol, Bambang Sunarwibowo. Pelantikan dilakukan melalui video serentak di 34 Provisi se-Indonesia, Sabtu (14/3/2020).


Ketua Esports Sulsel, Brigjen TNI Wing Handoko usai dilantik mengatakan, sudah menyiapkan Esports untuk tingkat daerah di kabupaten dan kota di Sulsel. Dimana permainan game mobile ini bersifat kompetitif.

“Kita sudah menyiapkan Esports ini mulai dari tingkat daerah Kabupaten dan Kota di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Nantinya, mereka kita rangkul untuk bekerjasama dalam mengadakan kegiatan di daerahanya nanti,” ujarnya.

“Kita berharap ada yang memiliki kemampuan yang baik dan bisa menjadi atlet handal di Esports asal Sulsel,” ujar Brigjen TNI Wing Handoko yang juga Kabinda Sulsel saat ditemui usai dilantik secara online serentak se-Indonesia.

Wing Handoko menambahkan, jika klub-klub Esports yang ada di Sulsel dipersilahkan bergabung dan mendaftarkan diri untuk dipersiapkan menjadi atlet Esports Sulsel disetiap ajang nantinya.

Penandatangan berita acara pelantikan pengurus Esports Sulsel dilaksanakan secara digital oleh Ketua Esports Sulsel, Brigjen TNI Wing Handoko, disaksikan Wakil Ketua KONI Provinsi Sulsel HM Ambas Syam.

“Pada intinya kita merangkul para klub-klub yang ingin bergabung dan nantiu kedepannya kita arahkan menjadi atlet yang berkompeten, bukan trampil bermain tetapi bahasanya juga nanti yang kita arahkan juga,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Harian Esports Sulsel, Alton Annar Yunior Sampetoding mengatakan dalam waktu dekat akan menggelar kompetisi yang akan di mulai dari Kota Makassar, selanjutnya di beberapa wilayah di Sulsel lainnya nanti.

“Kita mulai persiapkan ini, untuk kompetisi tingkat daerah juga ada nanti. Ada beberapa item games Esports di antaranya, PES, Mobile Legend dan termasuk PUBG, jelasnya tahun ini kita mulai,” kata Alton Annar Y Sampetoding.

Minat masyarakat terkait Esports ini juga sangat diminati dan antusias anak muda atau kalangan milenial sudah mulai merambah di Sulsel, Wakil Ketua Umum KONI Sulsel, H.M Ambas Syam mengakatan, sangat mengapresiasi proses pelantikan ini karena berbeda dengan pelantikan cabang olahraga laizimnya. Menurutnya, Esports ini perkembangan yang sangat pesat dan terkesan efisien.

“Pelantikannya saja Online dan sangat efisien, mulai dari waktu hingga prosesi pelantikannya ini sangat-sangat luarbiasa, KONI Sulsel yakin jika Esports terlaksana dengan baik,” ujar Ambas Syam.

Lanjut Ambas Syam jika Cabang Olahraga (Cabor) Esports memang terbilang baru, akan tetapi Cabor yang ke-50 ini di Sulsel berkembang dengan pesat. Dimana Esports ini sangat digandrungi anak muda.

“Ini sudah jadi Cabor yang ke-50an, termasuk bola tangan nanti bersamaan menjadi Cabor yang kita eksebisikan agar bisa bermain di Porprov dan juga Porda hingga PON juga nantinya, tutup Ambas Syam.

E-sport merupakan permainan video game yang bersifat kompetitif. Apabila sebelumnya esport identik dengan game untuk PC dan konsol, kini telah menjamah ranah game mobile.

Perkembangan industri esport di Indonesia sudah tidak bisa dielakkan. Bahkan di Sulsel sendiri data dari KONI Sulsel jika sudah 60 juta penggemar permainan game mobile tersebut.

Comment