oleh

Asisten II Launching Aplikasi “PASTI” Milik Distan Luwu

-Daerah-165 views

LUWU, BERITA-SULSEL.COM – Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan sekaligus sebagai Plt Kadis Komunikasi Informatika -SP Kabupaten Luwu, Ahyar Kasim melaunching Aplikasi Pelayanan Sistem Administrasi Kepegawaian Berbasis Elektronik (PASTI) di ruang rapat Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, Selasa  (31/8/2021).

Ahyar Kasim menyambut baik inovasi perubahan yang dilakukan Sekretaris Dinas Pertanian, drh Jumardin, selaku pencetus ide pembuatan aplikasi PASTI.

“Seiring perkembangan zaman yang dibarengi dengan pesatnya kemajuan teknologi, sistem tata kelola pemerintahan kita juga dituntut mengikuti perkembangan tersebut, sehingga dengan adanya aplikasi PASTI ini, pengolahan data yang dulunya dikelola secara manual, kini dapat dilakukan dengan kecanggihan teknologi melalui sebuah aplikasi kepegawaian yang sangat membantu para ASN”, kata Ahyar Kasim.

Menurutnya, pemerintah pusat telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan peraturan tentang Implementasi Electronic Government dengan menganjurkan penggunaan IT di instansi, baik pemerintah pusat maupun daerah, agar lebih komprehensif dan terintegrasi.

“Tujuan pemanfaatan IT adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bidang pengolahan data dan pengelolaan informasi kepegawaian, sehingga dapat memberikan pelayanan kepegawaian yang lebih sempurna, transparan dan akuntabel”, lanjut Ahyar Kasim.

Senada dengan Asisten II, Kepala Dinas Pertanian, Albaruddin Andi Picunang mengungkapkan, pengelolaan pelayanan kepegawaian berbasis elektronik ini diharapkan dapat memberi dampak positif dalam lingkungan unit kerjanya.

“Bagaimana kemudahan-kemudahan pelayanan persuratan bagi para ASN, efektifitas kerja pegawai, termasuk bagaimana mendorong peningkatan kehadiran ASN karena semuanya serba transparan. Olehnya itu, melalui kesempatan ini saya mengajak para Kepala Bidang dan staf untuk mendukung pak sekretaris dalam penyempurnaan aplikasi PASTI”, tutur Albaruddin.

Sekretaris Dinas Pertanian, drh Jumardin dalam pemaparan aplikasi PASTI menjelaskan, dalam aplikasi telah dibuat beberapa layanan administrasi kepegawaian yang dapat diakses yaitu, surat tugas, izin dan cuti, presensi kehadiran, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala dan pensiun.

“Aplikasi ini dapat mempermudah pelayanan administrasi kepegawaian, agar menjadi prima dan cepat”, kata Jumardin

Selain penggunaan aplikasi PASTI, dalam pemaparan aksi perubahan ini, juga dilakukan gerakan Eco Office yang bertujuan untuk menciptakan kantor yang ramah lingkungan, berupa gerakan 1 meja 1 tanaman, penggunaan tumbler untuk mengurangi penggunaan gelas plastik dan penanaman sayur-sayuran di sekitar kantor.

Pada kesempatan tersebut, Asisten II dan Kadis Pertanian melakukan panen sayur-sayuran di sekitar kantor Dinas Pertanian.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed