Elit Golkar Toraja Beralih Dukung Nico-Victor

Elit Golkar Toraja Beralih Dukung Nico-Victor

Elit Golkar Toraja Beralih Dukung Nico-Victor

Elit Golkar Toraja Beralih Dukung Nico-Victor
Elit Golkar Toraja Beralih Dukung Nico-Victor

MAKALE, BERITA-SULSEL.COM – Sejumlah elit Golkar Toraja beralih mendukung Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Tana Toraja nomor urut 2, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara (Nico-Victor, NiVi), pada pilkada 9 Desember mendatang.

Para elit Golkar tersebut, di antaranya Ketua DPD Golkar Toraja Welem Sambolangi, Sekretaris MR Patila, dan Wakil Ketua Bidang OKK Adolf CH Pakke. Ketiganya memilih mendukung Nico-Victor dan meninggalkan pasangan nomor urut 3 Theofilus Allorerung-Yohanis Lintin Paembongan (Tonganmo) yang sebelumnya didukung Partai Golkar.


Ketiganya bahkan langsung masuk dalam jajaran elit pemenangan Nico-Victor, yakni Tim 9. Welem didaulat menjadi Ketua Tim 9 untuk memenangkan pasangan yang diusung Partai Demokrat dan PKP Indonesia tersebut.

“Kami bergabung ke Nico-Victor bukan atas nama partai tetapi secara pribadi. Kami melihat bahwa pasangan Nico-Victor yang lebih pantas memimpin Tana Toraja ke depan karena banyaknya harapan dari masyarakat sesuai yang kami dengar dari bawah. Rakyat Toraja sudah cerdas menentukan pilihan. Rakyat juga sudah tahu mana tokoh yang bisa dipercaya dan itu harapan mereka untuk Nico-Victor,” kata Welem dalam pertemuannya dengan Nico-Victor di Cafe Bambu Km 4 Makale belum lama ini.

Menurut Welem yang sebelumnya tercatat sebagai Ketua Tim Pemenangan Tonganmo, politik itu sangat dinamis, termasuk jika setiap orang mengalihkan dukungan kepada orang yang lebih layak dipercaya.

Welem mengaku, meski Golkar sebagai pengusung utama Tonganmo, namun dirinya juga berhak menentukan sikap untuk meninggalkannya jika tidak sejalan dengan visi yang dibangun oleh kandidat yang diusung.

Bahkan, kata Welem, dukungan untuk Nico-Victor tersebut atas izin Ketua DPD Golkar Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang juga Gubernur Sulsel. Bahkan, Syahrul sendiri sudah merestui itu. Syahrul beberapa waktu lalu juga sempat mengundang Nico-Victor untuk bertemu khusus di Makassar, bersama sejumlah elit Golkar.

Salah satu alasan Welem mendukung Nico-Victor karena pasangan tersebut memiliki program yang lebih jelas dan sangat prorakyat. Karena itu, dia akan bekerja keras untuk ikut membantu memenangkan Nico-Victor menjadi Bupati-Wakil Bupati Tana Toraja.

Sementara itu, Adolf CH Pakke, di Makale, Rabu (18/11), mengatakan, kekuatan Nico-Victor karena keduanya lebih bermasyarakat dan mudah berbaur dengan akar rumput. Sikap kebersamaan Nico-Victor dengan turun ke akar rumput dilakukan jauh sebelumnya. Menurutnya, sebagian besar pengurus Golkar tingkat kecamatan juga sudah mengalihkan dukungan terhadap Nico-Victor.

“Kita tidak bisa melawan kehendak rakyat. Suara rakyat adalah suara Golkar, karena itu sekali lagi kami tekankan bahwa jangan dilawan. Karena itu, jika rakyat sudah menginginkan seperti itu, maka Nico-Victor akan menang,” tandas Adolf yang akrab disapa Boy Pakke ini.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Nico-Victor Kristian HP Lambe mengaku berterima kasih dengan kesiapan Welem untuk ikut bersama-sama memenangkan Nico-Victor.

“Ini kejadian yang pertama kali dalam pilkada di Indonesia, dimana ketua tim kandidat lain beralih dukungan. Pak Welem ketua tim pemenangan di kubu sebelah tetapi berani menentukan sikap untuk mendukung Nico-Victor yang sebenarnya bukan usungan Golkar,” katanya.

Menurutnya, bergabungnya Welem dkk akan memperkokoh kerja-kerja tim dan memuluskan Nico-Victor menjadi pemenang pilkada. (*)

Baca Juga

Jika Terpilih, Nico-Victor Siap Benahi Infrastruktur Pariwisata Toraja

Secara Geopolitik, Nico-Victor Menang

Ini Modal Suara Nico-Victor di Pileg 2014 dan Pilkada 2010

SYL Instruksikan Jufri Rahman Selesaikan Megaproyek Toraja yang Tak Beres

Comment