HMJ Keperawatan UIN Alauddin Makassar Sukses Gelar Alauddin Nursing Competition Nasional 2024

HMJ Keperawatan UIN Alauddin Makassar Sukses Gelar Alauddin Nursing Competition Nasional 2024

Nadila Diana M
Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar
Laporan dari Kabupaten Gowa

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – HMJ Keperawatan UIN Alauddin Makassar (UINAM) sukses menyelenggarakan ANC (Alauddin Nursing Competition) 2024. Acara tahunan yang bertujuan mengembangkan potensi generasi muda Indonesia ini mengangkat tema “Berantas TBC, Menuju Indonesia Sehat dan Bebas Tuberculosis’. Acara ini berlangsung selama dua hari, 21-22 Juni 2024 menampilkan 3 cabang lomba nasional yakni Lomba Video edukasi, Lomba Poster dan Lomba Essai Ilmiah.


Terhitung 66 team dari 35 perguruan tinggi di Seluruh Indonesia yang ikut meramaikan ANC 2024. 15 team dari 11 perguruan tinggi diantaranya terpilih menjadi finalis dan hadir di Makassar yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana, STIKES Telogorejo Semarang, Universitas Islam Malang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Tanjungpura, Universitas Warmadewa, Politeknik Kesehatan Yogyakarta, STIKES Surya Global Yogyakarta, Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Anwarul Mu’minin selaku ketua panitia mengungkapkan “dari 60 tim yang telah terseleksi hingga menjadi 15 tim terbaik yang di datangkan di kota Makassar, adapun rangkaian kegiatan hari pertama yakni pembukaan dan presentasi hasil karya dan hari kedua peserta diajak melihat keindahan kota daeng melalui kegiatan city tour.” Kegiatan city tour dilaksakan dengan beberapa kunjungan diantaranya; Rammang-rammang, Benteng Rotterdam, mesjid 99 kubah dan yang terakhir ke Pantai Losari.

Sementara itu, Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Muhammad Khalifah Mustamin S Ag M Pd mengapresiasi kinerja panitia dalam mempersiapkan kompetisi nasional ini.

“Kegiatan ANC ini, tentu sesuatu yang luar biasa. Luar biasanya itu karena dengan mengikuti event seperti ini, baik tingkat regional maupun nasional pasti banyak manfaat. Melalui kompetisi, para peserta dapat mengaktualisasikan kemampuannya dalam berbagai bentuk, misalnya video edukasi dan lain sebagainya,” ucapnya.

Salah satu peserta yang hadir di Makassar memberikan pesan agar kegiatan seperti ini terus ada HMJ Keperawatan UINAM dan berharap kedepannya bisa ditingkatkan. “Memang tidak ada yang sempurna tapi semua rangkaian sudah berjalan lancar dan keren.” Ucapnya

ANC 2024 menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara akademisi dan mahasiswa dapat menciptakan platform yang kuat untuk inovasi dan pengembangan diri. Dengan semangat yang ditunjukkan oleh para peserta dan panitia penyelenggara beserta jajarannya, ANC 2024 diharapkan dapat terus berkembang dan berkelanjutan untuk menjadi wadah penyaluran potensi yang dimiliki oleh mahasiswa di seluruh Indonesia.

Comment