Soal Virus Corona, Ketua KNPI Sulsel, Arham Basmin : Jangan Percaya Hoaks

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Masyarakat Indonesia kembali dihebohkan dengan ancaman penyakit virus corona. Kasus ini, semakin diperparah dengan banyaknya sebaran informasi yang tidak benar atau hoaks dari pihak tak bertangungjawab.

Ketua DPD KNPI Sulsel, Arham Basmin mengatakan, ancaman virus corona sangat meresahkan masyarakat Indonesia, termasuk warga Sulsel.


Informasi ini sudah meluas. Bahkan, pemberitaannya sampai di pelosok desa di seluruh kabupaten di Indonesia.

“Ancaman virus corona diperparah dengan banhak informasi penularan penyakit ini. Tapi, informasi tidak terjamin sumber dan validitasnya,” ujarnya.

“Masyarakat kita seakan cenderung mempercayai informasi tersebut tanpa melakukan pengecekan ke media resmi yang terpercaya,” tambahnya.

“Saya berharap, msyarakat tidak mudah percaya suatu informasi yang tidak jelas sumbernya,” ujarnya.

Sementra itu, Wakil Ketua DPD KNPI Sulawesi Selatan Bidang Kesehatan, Penanggulangan HIV AIDS dan Narkotika, Irham Ma’ruf mengajak masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran Corona Virus.

Salah satu cara yang dilakukan yakmi memperbanyak minum air putih, menjaga kebersihan lingkungan, khususnya tempat tinggal.

Selain itu, rajin mencuci tangan dengan anti septik, memakai masker apabila sedang sakit, mengkonsumsi gizi seimbang dan rutin olahraga serta istriahat yang cukup.

“Masyakat Sulsel harus mampu mengenali sejak dini bagaimana gejala awal virus corona seperti demam, batuk flu, sesak nafas, jika memiliki gejala tesebut, harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan penanganan virus corona,” jelasnya.

“Kita tidak perlu merasa panik, tetap waspada agar kita dapat mengambil keputusan dan melakukan tindakan pencegahan. Deteksi sejak awal yang tepat dapat mengatasi virus ini,” paparnya. (*)

Comment