Kamsina Ajak Santri Bantu Pemerintah Tingkatkan Capaian Vaksinasi 

Kamsina Ajak Santri Bantu Pemerintah Tingkatkan Capaian Vaksinasi 

GOWA, BERITASULSEL.COM – Mempercepat cakupan vaksinasi seluruh pihak diharapkan terlibat penuh. Salah satunya pada peran santri di sejumlah daerah.

Peringatan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tahunnya diharapkan mampu berkontribusi dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. Terkhusus dalam menyukseskan program vaksinasi.


“Kita berharap kedepan seluruh santri ini makin siaga, khususnya di masa pandemi Covid-19 dengan ikut berpartisipasi dan ikut andil dalam melakukan vaksinasi yang digalakkan oleh pemerintah, terlebih sebelum sekolah tatap muka akan dilakukan yang diharapkan seluruh santri telah melakukan vaksin nantinya,” kata Pj Sekda Gowa, Kamsina saat menghadiri Upacara Hari Santri Nasional di Pesantren Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Jumat (22/10).

Tak hanya itu, peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Sehingga ia berharap di momentum Hari Santri Nasional 2021 ini sesuai tema yang digalakkan yakni Siap Siaga Jiwa Raga, para santri yang ada di Kabupaten Gowa mampu siap siaga khususnya ditengah pandemi Covid-19 ini yang dua tahun belakangan melanda Indonesia secara keseluruhan.

“Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan akhlak dan ilmu tapi juga mensucikan jiwa yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gowa, Hj Adliah mengatakan peringatan Hari Santri Nasional 2021 ini dipusatkan di Pesantren Sultan Hasanuddin tersebut dengan menghadirkan seluruh pimpinan pondok pesantren yang ada di Gowa.

Ia mengaku setiap tahunya pelaksanaan Hari Santri dilakukan di pesantren yang berbeda, seperti tahun sebelumnya dilaksanakan di Pesantren Darul Ulum, dan Pesantren Muslim Madani.

“Peringatan hari santri ini dilakukan secara bergilir di pesantren-pesantren yang ada di Gowa setiap tahunnya, sehingga tahun ini dilaksanakan di Pesantren Sultan Hasanuddin dengan melibatkan semua pimpinan pondok pesantren yang ada di Gowa,” katanya.

Selain itu ia menyampaikan, pihaknya menggelar beberapa rangkaian kegiatan Hari Santri 2021 ini yakni perlombaan futsal yang difasilitasi oleh GP Ansor Gowa dan Zikir bersama serentak di pondok-pondok pesantren.

“Kami berharap dengan peringatan ini para santri lebih bersemangat dan meningkatkan akhlaqul karimahnya untuk bersantri dalam ponpes,” harapnya.

Pada peringatan ini, Pj Sekda Gowa turut meresmikan Masjid Nurul Mujahidin yang berada dalam kawasan Pesantren Sultan Hasanuddin. (an)

Comment