oleh

Gula Palem, Pemanis Alami Menyehatkan Tubuh

-Life Style-248 views

BERITA-SULSEL.COM – Pohon enau merupakan bahan dasar untuk membuat gula aren. Untuk pohon kelapa digunakan sebagai bahan dari gula jawa. Sedangkan nira merupakan bahan dasar untuk membuat gula palem gula palem.

Gula ini selain sebagai bahan campuran untuk minuman. Pemanis ini mulai banyak dikonsumsi dibanding gula pasir. Ternyata pemanis alami ini menyehatkan untuk tubuh.

Apakah Sebenarnya Gula Palem

Gula ini biasa disebut dengan gula semut, karena memiliki tekstur butiran pasir bagaikan kumpulan semut. Gula palem terbuat dari sari batang pohon palem atau disebut nira. Pohon palem ini beragam jenis tergantung dari letak geografis.

Gula semut atau gula palem banyak mengandung sukrosa hingga mencapai 70 persen dan untuk glukosa 10 persen. Terdapat kandungan:

  • protein
  • fosfor
  • tembaga
  • natrium
  • magnesium
  • zinc
  • zat besi dan
  • Mangan

Untuk kandungan kalori gula semut dan gula pasir sangatlah berbeda.

Perbedaan Jenis Gula

Sebagai ibu rumah tangga pastinya selalu berhubungan dengan bahan ini. Dimana bahan yang dapat membuat manis minuman. Membedakan bahan ini sangatlah mudah. Berikut adalah perbedaan mendasar dari gula jawa, gula aren dan gula palem

Bahan

Untuk membuatnya gula palem terbuat dari sari pohon palem atau nira. Untuk gula aren terbuat dari sari pohon enau. Sedangkan gula jawa dari pohon kelapa.

Tekstur

Gula semut memiliki butiran lembut, yaitu seperti pasir. Gula aren dan gula jawa bentuknya padat tetapi lebih kasar. Untuk pembuatan gula aren terdapat proses kristalisasi.

Warna

Nah, bagi anda yang sering mengkonsumsi pastinya dapat membedakan warna gula ini. Warna gula aren memiliki warna yang gelap. Sedangkan gula jawa dan gula palem memiliki warna sangat terang hingga coklat merah.

Bentuk

Pada bentuk silinder atau batok kelapa adalah ciri khas dari gula jawa dan gula aren. Bedanya untuk gula aren adalah pada kemasan yang dibungkus dengan daun aren. Untuk gula palem biasa dibungkus oleh plastik.
Rasa

Gula palem memiliki aroma rasa karamel. Rasa yang dimiliki manis sedang jika disamakan dengan gula jawa dan gula aren. Gula aren rasa dan aromanya pun sangat menyengat di antaranya ketiga gula.

Manfaat Gula Palem

Pembuatan gula palem yang sangat alami dinyatakan bahwa gula ini sangat menyehatkan tubuh. Gula ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah:

Terkandung Kalium

Merupakan nutrisi yang terdapat dalam gula palem. Dalam takaran satu sendok teh terdapat kalium yang dapat mencukupi satu persen kebutuhan tubuh seorang. Kalium atau disebut dengan elektrolit ini sangat bermanfaat untuk menjaga pencernaan, kontraksi otot, keseimbangan, dan sinyal yang terdapat pada saraf.

Kandungan Energi

Terdapat sumber karbohidrat yang merupakan energi bagi tubuh. Dengan cukupnya energi tubuh menjadi lebih segar. Tubuh Pun menjadi lebih berfungsi dengan baik.

Inulin bagi pencernaan

Zat inulin terdapat pada gula palem, yaitu serat yang dapat larut dalam bakteri yang ada di usus. Selain memiliki manfaat untuk saluran pencernaan. Inulin ini juga mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Walaupun gula ini merupakan pemanis yang dibuat secara alami tetap tidak boleh dikonsumsi berlebih.

Inilah manfaat yang terkandung dalam gula palem. Meski menyehatkan mengkonsumsinya pun harus sesuai takaran. Pastikan bahwa anda konsumsi diimbangi dengan pola hidup sehat. Apakah anda berminat untuk mencobanya?Nah, jika anda berminat dan ingin membelinya tersedia pada toko online kepercayaan anda blibli.com. semoga bermanfaat.

Sumber Referensi:

https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-gula-palem-pemanis-dengan-segudang-manfaat-bagi-tubuh
https://m.merdeka.com/gaya/ini-perbedaan-mendasar-gula-jawa-gula-aren-dan-gula-palem.html

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed