Sirkuit Siap, Mimpi NTB Jadi Tuan Rumah WSBK dan MotoGP Terwujud

Sirkuit Siap, Mimpi NTB Jadi Tuan Rumah WSBK dan MotoGP Terwujud

JAKARTA, BERITA–SULSEL.COM –  Pertamina Mandalika Street Circuit, NTB, pada 19-21 November 2021 akan menggelar seri penutup ajang balap bergengsi, World Superbike 2021.

Sirkuit yang memiliki pemandangan alam perbukitan dan panorama laut biru yang mempesona ini dibangun dengan teknologi aspal Stone Mastic Asphalt (SMA).


Sirkuit Mandalika bisa digunakan balapan dengan kecepatan 330 km/jam namun dengan tetap memiliki tingkat keamanan tinggi bagi pembalap. Ajang ini merupakan pemanasan jelang gelaran yang lebih besar, yakni MotoGP yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah mengatakan pihaknya berterima kasih dengan diselenggarakannya ajang balap akbar World Super Bike (WSBK) yang merupakan event internasional di wilayahnya.

“Ini tentu membuat kami gembira. Apalagi setelah diresmikan Presiden Jokowi, itu seperti mimpi yang jadi kenyataan. Kami yakin, walaupun MotoGP baru diselenggarakan tahun depan, 20 Maret 2022, tapi gairah dan getaran yang ditimbulkan oleh ajang internasional di luar biasa,” kata Zulkieflimansyah dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) pada Selasa (16/11/2021).

Zulkieflimansyah mengungkapkan, sebelum agenda World Superbike, ada Asia Talent Cup beberapa hari yang lalu. Walaupun hanya kualifikasi dan latihan-latihan, pembalap mengitari sirkuit, namun kegairahan dan dampak yang dimunculkan diakuinya sungguh luar biasa.

“Secara ekonomi sangat terasa dengan adanya pesawat yang datang ke Lombok juga banyak. Apalagi Garuda sudah mengganti pesawat dengan yang berbadan besar. Full tiketnya, akomodasi pun full, luar biasa,” ujar Gubernur NTB.

Kata Zulkieflimansyah, pihaknya tentu akan menjadi tuan rumah yang baik dan memastikan semua visitor yang datang ke Lombok tetap merasa aman dan nyaman menonton sekaligus menikmati eksotisme Nusa Tenggara Barat.

Menurutnya, okupansi hotel saat ini juga sudah tinggi. Bukan hanya di sekitar Mandalika, tapi juga daerah-daerah seperti Senggigi, Gili Trawangan sudah mulai ramai.

“Euforia ini tentunya dibarengi dengan kesiapan kami, sehingga tinggal tamu-tamu yang datang itu bukan hanya sekedar ingin melihat balapannya saja, tapi juga melihat side event yang lain, yang diakibatkan dengan hadirnya sirkuit balapan ini,” katanya.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga belajar dari pengalaman daerah atau negara yang menyelenggarakan internasional event seperti Formula One di Singapura.

Saat diselenggarakannya Formula One di Singapura, semua yang datang ke Singapura bukan hanya menyaksikan balapannya, tapi juga ramai untuk menyaksikan aktivitas yang lain.

“Saya kira, kami sedang melakukan pembelajaran kolektif, feedback-feedback yang konstruktif, akan anda adjustement-adjustment, dan kami yakin dengan dimulainya Word Superbike pada weekend ini, akan menghadirkan eksternalitas positif yang banyak sekali buat Provinsi NTB,” pungkasnya.

WSBK merupakan ajang balap motor bergengsi di dunia atau biasa disebut Kejuaraan Dunia Superbike. WSBK berada di bawah naungan Federasi Sepeda Motor Internasional (Federation Internationale de Motocyclisme/FIM), sama seperti Kejuaraan Dunia MotoGP.

Motor yang digunakan pada WSBK berbeda dengan motor MotoGP yang menggunakan mesin balap prototipe yang dibuat khusus. Lima pabrikan yang berlaga pada ajang WSBK yaitu BMW Motorrad, Yamaha, Ducati, Honda, dan Kawasaki.

Comment