Minum Kopi Bisa Perlancar BAB

BERITA-SULSEL.COM – Masyarakat Indonesia dan kopi saat ini sudah sangat susah dipisahkan. Minum kopi sudah menjadi gaya hidup walaupun sudah jelas-jelas kopi lebih banyak efek negatifnya dibanding postifnya bagi kesehatan tubuh. Tapi tahukah Anda jika meminum kopi yang merupakan sumber kafein bisa memperlancar buang air besar (BAB).

Kafein yang ada dalam kopi bersifat stimulan merupakan menyebabkan terjadinya pergerakan usus besar sehingga memicu rasa mulas atau sakit perut karena mampu mendorong kontraksi otot-otot di saluran pencernaan termasuk usus besar. Ketika kontraksi ini terjadi, sisa-sisa metabolisme atau sampah di dalam tubuh akan terdorong untuk dikeluarkan, sehingga timbul rasa mulas yang akhirnya memicu seseorang untuk buang air besar.


Kopi juga bisa disebut zat yang paling signifikan meningkatkan gerakan usus, bahkan 60 persen lebih kuat dibandingkan air hangat. Lebih tepatnya yang memicu kontraksi usus itu hormon motilin. Jadi, beberapa saat setelah kita meneguk kopi, zat-zat yang ada dalam kopi akan memicu pelepasan hormon tersebut.

Seperti diketahu motilin berpartisipasi dalam mengendalikan pola kontraksi otot polos pada saluran pencernaan atas. Motilin disekresi ke sirkulasi selama keadaan berpuasa pada interval kira-kira 100 menit. Kontrol sekresi motilin sebagian besar tidak diketahui, walaupun beberapa studi menunjukkan bahwa pH basa dalam duodenum merangsang rilis.

Minum kopi pada pagi hari bisa membuat usus besar lebih aktif dibanding waktu lain dalam sehari. Ini merupakan bagian dari irama sirkadian tubuh. Jadi bagi Anda yang akan melakukan perjalan panjang atau melakukan aktivitas sebaiknya hindari minum kopi paling tidak dua jam setelah bangun tidur.


Comment