Puskesmas Sabutung Pangkep Gelar Perahu Sehat Pulau Bahagia

PANGKEP, BERITA-SULSEL.COM – Puskesmas Sabutung Pangkep terus mendorong peningkatan derajat kesehatan masyarakat di pulau dengan cara meluncurkan program Perahu Sehat Pulau Bahagia.

Kepala Puskesmas Sabutung Pangkep, Sadik Taqwa, SKM  mengatakan, pihaknya terus melakukan terobosan baru untuk memaksimalkan layanan.


“Program Perahu Sehat Pulau Bahagia ini, dilaksanakan dengan mengunjungi pulau-pulau untuk lebih mendekatkan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat,” jelasnya ketima bersilaturrahmi dengan Kepala Laboratorium Administrasi dan Kebijakan Publik Fisip Universitas Sawerigading Makassar, Ahmad Syaikhu, S.Pd, M.Si, di Kota Pangkep, Senin (13/8/2018).

Turut hadir  Dekan Fisip Unsa, Dr. Muhammad Yahya, M.Si, Kaprodi S1 Sosiologi Fisip Unsa, Dr. Adi Sumandiyar, S.Sos, M.Si dan dosen muda Fisip Unsa, Irwan, SS, M.Pd.

Kata dua, di atas perahu ada tenaga dokter, kesehatan masyarakat, bidan, perawat, kesehatan lingkungan dan KB.

“Jarak pulau yang agak berjauhan sehingga dalam sehari hanya mampu menjangkau 5 pulau dengan melayani kesesehatan dasar sebanyak 150 orang,” tegas alumni Kesehatan Masyarakat STIK Tamalatea Makassar ini.

Jenis pelayanan yang diberikan termasuk pencabutan gigi, pemeriksaan ibu hamil dan balita, KB serta kesehatan lingkungan.

Kegiatan Perahu Sehat Pulai Bahagai, menjadi salah satu terobosan guna menjemput pelayanan dengan mengunjungi langsung masyarakat yang tinggal di pulau dengan sarana transportasi yang relatif minim. (*)


Comment