oleh

Ijazah IPB, UGM, dan UI Dipalsukan

-News, Pendidikan-2.206 views

JAKARTA, berita-sulsel.com – Tersangka pemalsu ijazah, Alex, diketahui memiliki usaha percetakan di Jakarta Pusat. Didapati juga ternyata Alex telah memalsukan ijazah universitas terkemuka seperti IPB, UGM, STIE Perbanas, dan UI.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Krishna Murti menjelaskan, dalam menjalankan bisnisnya, tersangka dibantu tiga calo. Tersangka menjalankan bisnisnya di Jalan Salemba Raya, Pramuka, Jakarta Pusat.

Melalui perantara tiga orang tersebut, tersangka menerima order untuk memalsukan ijazah.‎ “Ini ijazah yang dipalsukan ada dari IPB, UGM, STIE Perbanas, UI juga ada,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (5/6/2015).

Setelah mendapat konsumen, ‎calo tersebut akan mengantarnya ke Alex. “Ada yang customer-nya cari calo, dan sebaliknya calo yang cari customer-nya,” ungkap dia.

Bisnis ilegal ini sudah dijalankan Alex selama satu tahun. Selama itu pula dia sudah mencetak ratusan ijazah palsu. “Dia cetak hampir 500-an ijazah palsu. Modalnya cuma mesin pemindai (scanner) lalu dicetak,” tuturnya.

Atas perbuatan itu, Alex dijerat dengan Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Dokumen juncto Undang-Undang Pendidikan Nomor 2 Tahun 2003. (int)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed