oleh

7 Makanan Korea yang Terkenal

-Life Style-467 views

BERITA-SULSEL.COM – Selain memiliki tempat-tempat yang indah, ternyata Korea juga memiliki banyak makanan yang lezat lho. Nah, untuk anda yang penasaran dengan pilihan makanan Korea yang lezat dan terkenal, berikut ulasan selengkapnya.

1. Kimchi

Makanan Korea yang terkenal pertama adalah kimchi. Nah, untuk anda yang demam Korea tentunya sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Memang kimchi sendiri merupakan makanan yang begitu disukai oleh masyarakat Korea.

Ketika mencicipinya, ada cita rasa khas untuk lidah orang Korea, yang mana rasanya tidak hanya pedas, namun juga asam. Untuk anda yang belum mengenal apa itu kimchi, ternyata kimchi merupakan acar sayuran. Saat ini, kimchi sudah tersebar ke berbagai negara, termasuk pula Indonesia.

2. Bibimbap

Sudah bosan untuk menyantap kimchi? Jika iya, mungkin bibimbap dapat menjadi salah satu pilihan anda. Bibimbap merupakan masakan Korea yang berbentuk nasi putih dan terdapat taburan lauk. Dalam bahasa Korea, ternyata “bibim” adalah “nasi”.

Makanan ini pun sedikit berminyak. Karena pada bagian dasar dari mangkuknya akan dituangkan dengan minyak wijen, yang kemudian pembuat bibimbap akan memasukkan nasi. Penuangan minyak wijen bertujuan agar dapat membentuk lapisan dari kerak nasi yang garing dan harum pada dasar mangkuk.

3. Tteokbokki

Tteokbokki adalah panganan asli dari Korea yang bahan utamanya menggunakan tepung beras. Saat memasak tteokbokki, maka bahan yang akan anda gunakan adalah bumbu gochujang yang pedas manis.

Memang gochujang sendiri cukup terkenal sebagai bumbu yang hampir selalu terdapat dalam setiap makanan Korea yang memiliki cita rasa pedas. Pada mulanya, masyarakat menyebutnya dengan gungjung tteokbokki. Bahkan cita rasa tteokbokki-nya berbeda dengan tteokbokki yang ada saat ini.

4. Bulgogi

Bulgogi merupakan salah satu makanan Korea yang juga sangat terkenal. Makanan ini sendiri menggunakan daging sapi pilihan atau daging sirloin.
Penyajian bulgogi biasanya bersama bawang putih, kimchi, maupun bumbu penyedap yang lain, kemudian anda bisa menyatukannya ke dalam daun selada. Untuk bumbu bulgogi, maka berasal dari campuran kecap asin dan gula, hingga rempah-rempah Korea lainnya.

5. Sup Seolleongtang

Saat berada pada meja makan, kebiasaan orang Korea yaitu menyiapkan hidangan yang berkuah, salah satunya adalah sup. Dari kebiasaan tersebut, negara ini pun telah terkenal dengan supnya yang cukup beragam. Ada satu nih sup yang cukup terkenal, yang bernama sup seolleongtang.

Dalam membuat sup ini, maka bahan dasar yang akan mereka gunakan adalah tulang-tulang hingga bagian dalam dari tubuh sapi. Karena bahan dasarnya menggunakan daging, maka sup seolleongtang akan mengalami proses pemasakan dengan waktu yang lama.

Sup seolleongtang biasanya akan masyarakat Korea konsumsi bersama dengan nasi putih yang akan mereka masukkan ke dalam sup. Agar dapat menambah kekayaan bahannya, masyarakat Korea juga memberikan lauk tambahan, mulai dari kimchi sawi hingga lobak.

6. Jjampong

Nah, setiap orang tahu jika Korea adalah negara empat musim dan rata-rata untuk setiap musimnya akan dingin. Dari kondisi iklim yang terdapat pada negara ini, masyarakat Korea ternyata lebih sering menyajikan masakan yang berkuah. Dan salah satu makanan tersebut adalah jjampong, yang memiliki cita rasa yang pedas.

Champing atau jjampong merupakan olahan mie kuah dan terdapat menu pelengkapnya seperti sayur hingga produk laut. Mengenai rasanya, makanan ini sudah cukup menantang kemampuan lidah anda dengan tingkat kepedasannya.

Walaupun jjampong merupakan makanan yang terkenal untuk masyarakat Korea, tetapi sebenarnya makanan ini merupakan pengaruh dari Tiongkok dan Jepang. Biasanya orang Korea menyantap jjampong agar dapat menghangatkan perut.

7. Sundubu Jjigae

Untuk anda yang merupakan pecinta makanan yang bercita rasa pedas, maka wajib hukumnya menjajal makanan khas Korea ini. Ya, sundubu jjigae namanya, merupakan makanan berkuah yang berbentuk sup dengan hidangan tahu pedas.

Nah, tahu dalam membuat sundubu jjigae terkenal pula dengan sebutan tahu sutera atau tofu. Selain itu, tekstur dari makanan Korea ini, yaitu tofunya sangat lembut dengan perpaduan kuah kaldu sapi yang pedas dan berwarna merah.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed