Kasus Covid-19 Menurun, Bupati Gowa Minta Masyarakat Tak Lengah

Kasus Covid-19 Menurun, Bupati Gowa Minta Masyarakat Tak Lengah

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Angka kasus Covid-19 terus mengalami penurunan termasuk di Kabupaten Gowa. Walaupun demikian, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan tetap meminta masyarakat tidak lengah dengan situasi ini.

Hal ini disampaikannya usai mengikuti Rapat Koordinasi Serta Pengarahan Presiden RI, Joko Widodo dengan Seluruh Kepala Daerah Secara Virtual di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (17/5).


“Kita berharap masyarakat tidak lengah dengan terjadinya penurunan saat ini, kita sudah berada pada zona hijau tetapi kita berharap ini bisa dipertahankan dengan penerapan protokol kesehatan yang ada,” ujar Adnan.

Orang nomor satu di Gowa meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Adnan menambahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan terus melakukan upaya penanganan Covid-19 dengan melakukan testing, tracing, treatment dan terus melakukan vaksinasi.

“Pemkab Gowa terus melakukan vaksinasi, akselerasi untuk memvaksin semua yang dianggap selalu bersentuhan dengan masyarakat. Maka target kita ini adalah guru-guru dalam rangka mempersiapkan sekolah tatap muka pada bulan Juli,” tambahnya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo salam arahannya kembali mengingat seluruh kepala daerah baik Gubernur, Bupati dan Walikota untuk berhati-hati terhadap lonjakan kasus Covid-19, terutama pasca libur lebaran.

Jokowi menyebutkan saat secara nasional kasus aktif Covid-19 sudah mengalami penurunan hingga 48 persen. Tercatat di awal Bulan Februari lalu sebanyak 176.000 kasus aktif kemudian saat ini turun menjadi 90.800 kasus.

“Ini yang terus harus kita pertahankan agar semakin turun. Ini harus ada konsisten,” harap Jokowi.

Selain fokus pada penanganan Covid-19, Jokowi juga meminta kepala daerah untuk melakukan upaya pemulihan ekonomi di daerah masing-masing. Apalagi saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia masih minus 0,74.

Ia berharap peran dari seluruh kepala daerah untuk ikut membantu pertumbuhan ekonomi nasional. Jokowi menargetkan pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen.

“Ekonomi nasional itu didapat dari agregat pertumbuhan ekonomi yang ada di provinsi, kabupaten dan kota. Jadi seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota memiliki tanggungjawab yang sama dalam berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” tandasnya.

Turut hadir dalam pengarahan Presiden RI ini, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, H Rafiuddin, Kapolres Gowa, AKBP Budi Susanto, Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muhammad Suaib dan Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, Yeni Andriani.(JN)

Comment