oleh

Mengenal Longset, Program Inovasi Dinas Kesehatan Makassar

-News-3.168 views
Lorong Sehat

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Beberapa hari lalu dua program ungulan hasil Pemerintah Kota Makassar masuk dalam 99 besar Top Inovasi Pelayanan Publik 2017 versi KemenPAN-RB. Program tersebut masing-masing bernama Dongeng Keliling (Dongkel) dan Lorong Sehat (Longset).

Khusus program Longset merupakan inovasi dari Dinas Kesehatan Kota Makassar dibawah kepemimpinan dr. Naisyah Tun Azikin. Program Longset ini disebut sebagai bagian dari Sistem Inovasi Informasi Pelayanan Publik (Sinovik).

Inovasi ini sudah dipresentasekan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto di hadapan dewan juri lomba Inovasi Pelayanan Publik di Jakarta. Keduanya

Program ini terintegrasi dengan program pembinaan lorong yang telah lebih dulu berjalan, yakni Lorong Garden dan Makassarta Tidak Rantasa.

Dengan Longset, pemerintah berupaya mewujudkan lorong-lorong sehat di seluruh Makassar dengan dibantu Puskesmas di masing-masing kecamatan.

Terdapat 12 indikator yang harus dipenuhi, di antaranya program Keluarga Berencana (KB), fasilitas kesehatan, imunisasi dasar lengkap untuk bayi, ASI eksklusif, pemantauan pertumbuhan balita, dan pengobatan tuberkolosis sesuai standar.

Masing-masing Puskesmas di Kota Makassar harus memiliki binaan Longset yang sebelumnya telah dilakukan pengukuran persentase Pola Hidup Bersih dan Sehat di masyarakatnya. Setelah Longset ini terbentuk, diharapkan semua permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat lorong dapat segera teratasi.

”Indikator ini harus lengkap dan benar-benar mampu diterapkan oleh masyarakat setempat. Artinya kita harus memaksimalkan pelibatan warga yang ada di dalam lorong. Jadi tidak hanya lorong yang cantik, tapi warganya juga sehat,” ujar dr. Naisyah Tun Azikin, Senin 1/5/2017

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed