Minum Kopi Setelah Makan Durian, Bolehkah?

BERITA-SULSEL.COM – Durian adalah salah satu jenis buah yang memang menggoda bahkan hanya dari aromanya saja pasti kita sudah dibuat ngiler karenanya.

Tekstur daging buahnya pun bakal langsung lumer di mulut karena saking lembutnya, ditambah rasa manisnya memang membuat pengonsumsinya ketagihan. Hanya saja, buah durian juga bukan sembarang buah yang bisa dimakan kapanpun dan dengan apapun.


Dalam hal kesehatan, durian masuk dalam buah yang cukup berbahaya, khususnya untuk orang-orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, dan gangguan pencernaan pada lambung. Jika Anda seorang penggemar durian sekaligus kopi, bolehkah minum kopi setelah makan durian?

Minum kopi setelah makan durian, boleh dan aman atau tidak?

Beberapa waktu lalu sempat ada kabar beredar dari Malaysia bahwa sejumlah orang harus dibawa ke rumah sakit karena mengonsumsi kopi durian. Dari situlah, banyak orang kemudian memiliki rasa penasaran yang tinggi tentang buah durian dan kaitannya dengan konsumsi kopi.

Namun sebetulnya, boleh tidak sih minum kopi sesudah makan durian? Apakah akan aman-aman saja atau malah berbahaya sehingga harus dilarikan ke rumah sakit seperti kasus tadi? Rupanya, minum kopi sesudah menikmati durian sah-sah saja, boleh karena hal ini bukanlah hal yang mematikan.

Bahkan tentang boleh tidaknya konsumsi kopi sesudah makan durian sudah dijelaskan juga oleh seorang dokter gizi bernama Inge Permadhi bahwa minuman soda maupun kafein seperti kopi bisa dikonsumsi sesudah atau bahkan di saat bersamaan dengan konsumsi durian. Bahkan untuk risiko keracunan sendiri juga sangat kecil dan hampir tidak ada.

Hanya saja, tentu menikmati kopi sesudah makan durian dinyatakan aman apabila orang yang mengonsumsinya dalam keadaan sehat. Jika seseorang memiliki riwayat penyakit tertentu, khususnya penyakit kronis, lalu mengonsumsi durian dan kemudian disusul kopi terlalu banyak, hal ini dapat membahayakan kesehatan dan berisiko memperburuk kondisi medis yang sudah ada.

Comment