Bawaslu Lutra Gelar Pelatihan Pengawasan Teknis Pemilu

LUWU UTARA, BERITA-SULSEL.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara menggelar pelatihan pengawasan teknis Pemilu Legislatif dan Pilpres di Aula Hotel Remaja Indah, Masamba, Minggu (3/2/2019).

Pelatihan teknis yang bertujuan untuk mempersiapkan secara dini bekal pengetahuan pengawasan pemilu kepada Panwascam agar dapat menjalankan tugas dengan baik dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.


Ketua Bawaslu Luwu Utara, Muhajirin S.S mengatakan, tahun 2018 pihaknya telah melakukan fungsi pengawasan dan pengelolahan keuangan.

“Alhamdulillah Bawaslu Luwu Utara masuk pada predikat terbaik se- Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Kata dia, waktu pemilihan tidak lama lagi. Semua peserta Pemilu, termasuk Caleg lebih gencar melakukan sosialisasi.

“Fungsi pengawas dan pencegahan yang kita miliki harus kita tunjukan sebelum para kandidat atau Caleg melanggar. Sehingga pencegahan dini dilakukan sebelum pelanggaran itu terjadi,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan, guna menghadirkan peningkatan kualitas Pemilu, termasuk pelaksanaan hak politik masyarakat dibutuhkan kerja sama semua pihak.

“Penyelenggara, kepolisian, pemerintah, Parpol dan masyarakat itu sendiri harus mengambil peran. Khususnya mensukseskan pesta demokrasi di tahun 2019 ini,” ujarnya.

Kata Indah, demokrasi harus melalui kompetisi yang sehat dan tanpa kekerasan.

“Melalui pengawasan Pemilu mari kita sinkronkan pelaksanaan tupoksi jajaran pengawasan bersama stakeholder lainnya,” jelasnya.

“Landasannya mengedepankan aturan hukum dan perundang-undangan yang mendasari tupoksi, sehingga tercipta pemilu sejuk serta damai,” tutupnya. (*)


Comment