Dinas Pertanian Luwu Terapkan Satu Desa Satu Penyuluh

LUWU BERITA SULSEL, COM – Pemerintah Kabupaten Luwu, melalui Dinas Pertanian menerapkan program kementerian yakni satu penyuluh satu desa. Program ini berhasil diwujudkan.

“Kita satu-satunya kabupaten dan kota secara nasional yang mampu mengimplementasikan program Kementerian Pertanian satu 1 desa satu penyuluh,” tutur Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, Andi Pangerang didampingi Penyuluhnya, Nursalam, Selasa (02/01/2018).


Kata dia, petani Luwu saat ini jauh dari kekurangan pendamping. “Kekurangan tenaga THL dari Kementerian kami penuhi dengan cara mengangkat tenaga penyuluh yang dihonor oleh daerah dari kalangan ASN,” jelasnya.

Menurut Pangerang, jumlah tenaga penyuluh di Kabupaten Luwu saat ini mencapai 227 orang. “Mereka difasilitasi dan dievaluasi. Salah satunya, guna menginfentarisir potensi desa. Kami bagikan flashdisc untuk mendata lalu menyimpannya,” ujarnya.

“Data ini nanti juga akan dilaporkan ke dinas untuk diambil kebijakan strategis ke depan,” tambah Pangerang.

Kata Pangerang, penyuluh yang tidak memiliki data potensi desa atau tidak mampu mempresentasekannya akan dicopot lalu dipindahkan ke dinas lain.

“Kedepan, kami ingin lebih baik lagi. JIka tidak bisa mendukung program pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat, lebih baik diganti,” ujarnya.

“Salah satu alternatif yakni melibatkan sarjana pertanian yang baru selesai dan punya kompetensi serta mau bekerja. Kita kontrak mereka. Ini demi kemajuan daerah, khususnya kesejahteraan petani, ” tegas Pangerang. (Dyt/Hasdar)

 

Comment