Adnan Purichta Ichsan Ditunjuk Jadi Sekjen, APKASI Dipimpin Anak Muda

Adnan Purichta Ichsan

Adnan Purichta Ichsan

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Periode 2021-2026.

Penunjukan Adnan Purichta Ichsan sebagai Sekjen berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) APKASI di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (26/3) lalu.


Munas APKASI yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi ini terpilih sebagai Ketua APKASI Periode 2021-2026, Bupati Dharmasraya Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Bendahara Umum dijabat oleh, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah.

Sementara itu, dikonfirmasi orang nomor satu di Gowa ini mengaku bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya untuk menjabat sebagai Sekjen di organisasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia ini.

“Alhamdulillah dipercaya menjadi Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, terima kasih doa dan dukungan kita semua,” ucap Adnan, Sabtu, (29/5/2021).

Dikutip dari website APKASI, apkasi.org, APKASI memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten.

Sesuai dasar pembentukannya pada tahun 2000, APKASI memiliki tugas pokok sebagai penyedia Advokasi, Mediasi dan Fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan instansi lainnya sesuai hakekat otonomi daerah.

Selain itu, APKASI mempunyai fungsi yaitu, Mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah, Fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah, memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi.

Kemudian memfasilitasi pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah, mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapai persaingan regional dan global dam APKASI bermitra dengan pemerintah dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan, serta kebijakan di bidang otonomi daerah.

Profil Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan SH MH

Adnan Purichta Ichsan merupakan Bupati Gowa periode 2016-2021. Sebelumnya Adnan adalah Bupati Gowa Periode 2016-2021. Lelaki kelahiran Jakarta, 9 Maret 1986 ini adalah anak kedua dari H. Ichsan Yasin Limpo (Bupati Gowa Periode 2005-2015) dan Novita Madonza Amu Ichsan.

Adnan Purichta Ichsan memulai karir politiknya di usia 23 tahun dengan masuk sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2009 lalu. Adnan menjadi anggota legislatif selama dua periode sebelum memutuskan maju menjadi Calon Bupati Gowa pada tahun 2015 lalu.

Pilkada 2015 Adnan mencatat beberapa rekor. Seperti tercatat sebagai Bupati Termuda di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan usia 29 tahun, anak Kepala Daerah yang bisa kembali terpilih menggantikan ayahnya dan calon independen atau perseorangan pertama yang memenangkan pilkada di Sulsel.

Selain dunia politik, Adnan juga pernah aktif di berbagai organisasi bahkan menduduki beberapa jabatan. Yaitu pernah menjabat sebagai ketua Persatuan Tinju Amatir Seluruh Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan, Wakil Ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI Sulsel.

Saat ini, Adnan yang pernah tercatat sebagai Bupati Termuda di Kawasan Timur Indonesia ini masih menjabat di beberapa organisasi. Seperti Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gowa , Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Gowa dan Wakil Ketua DPP KNPI Bidang Hubungan Dalam Negeri.

A. DATA PRIBADI

Nama Lengkap : Adnan Purichta Ichsan SH, MH
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : 9 Maret 1986
Agama : Islam
Berat/ Tinggi Badan : 80 Kg/ 180 cm
Golongan Darah  : O+
Alamat  : Jl. Mesjid Raya No.66 Sungguminasa
Hoby : Olahraga (Futsal dan Basket), Bermain Musik

B.    DATA KELUARGA
Orang Tua :
DR. H. Ichsan Yasin Limpo, SH, MH
Hj. Novita Madonza Amu Ichsan

Istri  : Priska Paramita
Anak             :
1. Kheila Kinanthi Naryama Adnan
2. Arya Mahadika Nalendra Adnan
Saudara          :
1. Sadli Nurjaffia Ichsan
2. Roidah Halilah Falih Ichsan
3. Muh. Hauzan Nabhan Icshan

C. PENDIDIKAN

Sekolah Dasar  : SD Islam Athirah
SMP : SMP Islam Athirah
SLTA  : SMA Negeri 2 Makassar
S1 : Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar
S2 : Program Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI).
S3 : Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin (Unhas).

Comment