oleh

Kegiatan Unik Saat Ramadan yang Hanya Ada di Indonesia

-Life Style-508 views

BERITA-SULSEL.COM – Marhaban ya Ramadan. Hari ini umat muslim di Indonesia telah sampai di bulan yang penuh kemuliaan dan rahmat yakni bulan Ramadan. Mengenai bulan Ramadan, ada banyak hal istimewa di dalamnya.

Melansir dari laman liputan6.com, ada banyak menarik dan unik seputar Ramadan khususnya di tanah air. Ada beberapa kegiatan unik yang hanya ada di Indonesia saat Ramadan. Apa saja kegiatan tersebut? Simak yang berikut.

Membangunkan Warga atau Obrok-obrok

Kegiatan pertama yang unik adalah membangunkan warga atau obrok-obrok. Biasanya, kegiatan ini dilakukan saat jam sahur dan dilakukan para remaja atau anak muda. Obrog-obrog bisa dilakukan dengan menabuh kentongan sambil teriak sahur keliling kampung dan sejenisnya.

Ngabuburit

Dalam bahasa Sunda, burit artinya sore menjelang malang. Ngabuburit sendiri adalah kegiatan menunggu sore menjelang malang atau menjelang berbuka puasa saat Ramadan. Ngabuburit bisa dilakukan dengan berburu takjil, sekedar nongkrong di tepi jalan atau melakukan hal yang lebih bermanfaat yakni tadarus alquran di masjid atau pun di rumah.

Belanja Baju Baru dan Sejenisnya

Entah sejak kapan tradisi ini dimulai. Namun yang pasti, tradisi ini sepertinya sudah mendarah daging bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang akan belanja baju baru, sepatu atau sandal baru dan beberapa keperluan lebaran serba baru di bulan Ramadan.

Kegiatan belanja ini bahkan semakin marak karena beberapa toko offline dan online di Indonesia menawarkan diskon besar-besaran selama Ramadan.

Buka Puasa Bersama

Buka puasa bersama menjadi kegiatan yang nampaknya menjadi kegiatan wajib bagi beberapa orang di Indonesia. Semakin banyak teman atau sahabat seseorang, akan semakin banyak jadwal buka bersamanya. Buka bersama juga menjadi ajang silaturakhim seseorang dengan teman masa sekolah, teman kerja, keluarga besar dan masih banyak lagi.

Sahur on The Road

Kegiatan unik selanjutnya ada sahur on the road. Meski di beberapa tempat kegiatan ini dilarang, tidak sedikit orang yang tetap melakukannya. Selain sebagai kegiatan berburu sahur di jalan atau rumah makan, kegiatan ini juga sebagai salah satu kegiatan sosial di bulan Ramadan.

Itulah beberapa kegiatan unik yang hanya ada di Indonesia saat Ramadan.

sumber : fimela.com

9cda70c7-d485-49ab-ab8c-bb7b3c4f21b2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed