Dihindari Ini saat Anda Berpuasa

Dihindari Ini saat Anda Berpuasa

Dihindari Ini saat Anda Berpuasa

Dihindari Ini saat Anda Berpuasa
Dihindari Ini saat Anda Berpuasa

berita-sulsel.com – BEBERAPA dari kita merasa telah siap untuk menjalani puasa selama bulan Ramadan. Tetapi, membuat perencanaan akan membuat puasa lebih mudah, terlebih bagi Anda yang memiliki gaya hidup buruk.

Berpuasa selama Ramadan secara tidak langsung mengajarkan kita untuk mempraktekkan gaya hidup sehat. Kita menjadi perlu tidur lebih dini agar bisa bangun lebih pagi untuk sahur, kemudian makan cukup saat berbuka.


Bila kita mampu melakukan gaya hidup sehat, bulan puasa tidak akan menjadi malapetaka bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk bulan puasa, seperti dilansir dari Alarabiya, Rabu (17/6/2015).

Belanja makanan dalam jumlah cukup

Selama Ramadan Anda hanya makan dua kali sehari. Oleh karena itu, kurangilah jumlah belanja makanan Anda selama Ramadan. Ini bisa dilakukan menjelang Ramadan untuk berlatih mengurangi nafsu makan dan membuat puasa lebih mudah.

Jangan nyemil

Biasakan untuk hanya makan besar tiga kali sehari. Kurangi camilan di antara waktu makan tersebut agar tubuh Anda tidak kaget saat Anda berpuasa.

Kurangi minum kopi

Jika Anda pecinta kopi dan tidak ingin merasakan sakit kepala di hari-hari pertama Ramadan, mulailah kurangi asupan kafein Anda sekarang. Kurangi kopi secara bertahap, dengan mengurangi jumlah konsumsi hingga benar-benar meninggalkan minuman berkafein tersebut.

Kurangi rokok

Perokok yang akan menjalani puasa Ramadan mungkin akan mengalami berbagai keluhan seperti mudah marah, gelisah, tidak sabar, dan sulit berkonsentrasi selama jam puasa. Untuk menghindari hal ini, perokok seharusnya belajar mengurangi rokok jauh-jauh hari sebelum puasa.

Jangan terlambat tidur

Jika Anda biasa tidur larut malam dan bangun terlambat, sebelum mulai sahur malam ini, cobalah untuk tidur lebih cepat. Anda mungkin akan tidur lebih awal atau, sebaliknya, Anda akan kurang tidur. Membiasakan tidur siang sebentar selama Ramadan juga disarankan.

sumber : Alarabiya

Comment