Banyak Jalan Rusak, Wabup Bone Harap DPRD Kurangi Kunjungan Kerja

Ambo Dalle

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Sebelum menjabat Wakil Bupati 2 periode, Ambo Dalle pun pernah menduduki kursi Ketua DPRD Bone.

Ambo Dalle paham betul apa yang seharusnya dilakukan oleh para legislator dalam mengawal aspirasi masyarakat.


Ditemui diruangannya beberapa waktu lalu, dihadapan sejumlah awak media Ambo mengatakan banyak keinginan yang belum terwujud. Selain itu, Ambo berharap besar pada anggota DPRD terpilih agar bisa membawa perubahan bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat ke depan.

“Kelemahan mendasar periode ini, semua APBD di kompromi, mestinya tidak perlu ada itu, jalan saja sesuai prosedur yang ada supaya terarah anggaran, jangan ngotot dikompas-kompas, melalui musrembang kawal sampai kabupaten nanti mengerucut jadi renja SKPD, itu yang namanya bagus” beber Ambo.

Dikatakan pula bahwa Pemerintah Daerah itu adalah Bupati dan DPRD, jadi harus saling menguatkan, tidak boleh ada yang diperkuat dan satunya lagi lemah. Ambo juga berharap periode depan, legislator bisa mengurangi agenda kunjungan kerja.

“Belum rapat sudah kunjungan kerja yang dipikir, maksudnya rapat saja dulu kalau memang butuh kunjungan kerja, tidak ada masalah, berpikirlah dulu” lanjutnya.

Dari hasil laporan inspektorat, anggota DPRD Bone diketahui sering melakukan konsultasi ke Jakarta hingga 4 hari lamanya. Padahal menurut Ambo, konsultasi itu cukup memakan waktu sehari.

“Sepanjang bisa selesai di Provinsi, konsultasikan dulu, jangan naik lagi di Jakarta, jadi kalau selama ini bisa perbaiki jalan satu kilo dengan menghemat bisa dua kilo” tambahnya.

Ambo juga berharap DPRD selalu siap menerima masukan dan kritikan dari masyarakat karena menurutnya DPRD itu bukan tempat bertengkar melainkan tempat adu argumen. Studi banding yang biasa dilakukan hendaknya membawa pulang hasil untuk diterapkan di Bone. (eka)

Comment