oleh

Biji Mangga Cegah Longsor, Ini Tips Kepala BPBD Bone

-Daerah-388 views

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Bencana alam memang dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, untuk itu dibutuhkan kewaspadaan terutama jika sudah memasuki musim  hujan.

Namun seiring datangnya hujan, musim buah pun turut serta, termasuk Kabupaten Bone mampu menghasilkan banyak buah lokal seperti semangka, pisang dan mangga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dray Vibrianto, memberikan tips buat masyarakat bagaimana agar tetap menikmati buah khususnya mangga sambil menjaga alam sekitar.

Video

“Apabila sahabat semua selesai menyantap buah mangga agar bijinya tidak langsung dibuang melainkan dibersihkan dan dikeringkan dibawah matahari, setelah itu bungkuslah dengan koran serta bawa kemana sahabat pergi, disimpan di mobil ataupun di bagasi motor” beber Dray.

Biji mangga yang telah kering tadi, kata Dray, bisa dimanfaatkan untuk mencegah longsor, erosi maupun erupsi. Dengan begitu masyarakat bisa ikut berpartisipasi menjaga kelestarian alam sekitar.

“Saat sahabat melewati jalan pedesaan, jalan-jalan yang terancam erosi, longsor atau erupsi, maka letakkanlan biji-bijian tadi di tanah tersebut. In shaa Allah, saat musim hujan nanti biji tersebut akan berkecambah dan tumbuh” lanjutnya menghimbau.

Kabupaten Bone sendiri termasuk daerah yang rawan banjir dan longsor saat musim hujan. Dibeberapa lokasi penyebabnya adalah permukaan tanah yang rendah, tidak ada irigasi serta sampah yang terkadang menyumbat saluran air sepanjang jalan. (eka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed